Cara Menebang Pohon Yang Benar Dan Aman

cara menebang pohon yang benar dan aman

Artikel ini merupakan pengalaman lama tentang cara menebang pohon yang benar dan aman yang saya coba tulis kembali di blog ini. Berawal dari niat kedua orang tua saya yang ingin memperlebar tempat untuk usaha parkir sepeda dan motor anak sekolah maka diputuskan untuk memanfaatkan lahan tanah yang terletak disamping rumah. Untuk bisa dijadikan sebagai lahan parkir lahan tersebut harus dibersihkan agar bisa dibangun tempat parkir. Salah satu kendala saat itu yaitu adanya pohon yang ukurannya cukup besar. Jadi terpaksa pohon besar tersebut harus ditebang.

Pohon tersebut merupakan pohon petai. Selain ditebang karena lahan akan dijadikan tempat parkir, ada alasan lainnya yang membuat orang tua saya memutuskan untuk menebang pohon tersebut. Ada saat dimana pohon petai daunnya akan berguguran. Hal tersebut membuat halaman rumah menjadi kotor. Maka dengan mantap diputuskan agar pohon petai tersebut ditebang saja.

Dikarenakan pohon tersebut berukuran lumayan besar, awalnya kami berencana menggunakan jasa tukang tebang pohon. Namun karena sudah ditunggu berhari-hari tukang yang akan menebang pohon tidak datang akhirnya pohon ditebang oleh bapak saya dibantu saya dan seorang tetangga. Sebenarnya ada rasa takut juga menabang pohon besar ini dikarenakan posisi pohon sangat dengan sekali dengan rumah. Dikhawatirkan jika salah maka pohon akan jatuh mengenai bagian rumah.

Cara Menebang Pohon Yang Benar Dan Aman

Untuk menebang pohon memang harus hati-hati. Jika salah maka akan berbahaya untuk orang lain dan tentunya berbahaya bagi penebang pohon itu sendiri. Maka diperlukan teknik-teknik khusus dalam menebang pohon agar pohon dapat ditebang dengan benar dan aman.

cara menebang pohon yang benar dan aman
Sumber Gambar : Dokumen Pribadi

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menebang pohon secara benar dan aman yaitu dengan memangkas cabang-cabang pohon. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi resiko kerusakan rumah atau bangunan disekitar pohon karena terkena cabang pohon. Pemangkasan cabang pohon saat itu dilakukan sendiri oleh bapak saya dengan hati-hati. Bapak saya langsung memanjat pohon petai tersebut dan perlahan mulai menabang cabang pohon.

Setelah cabang-cabang pohon berhasil dipangkas langkah selanjutnya yaitu dengan mengaitkan tali pada batang pohon. Gunakan tali yang kuat, contohnya seperti tali tambang yang biasa dipakai untuk lomba tarik tambang. Tali tambang tersebut bertujuan untuk menarik batang pohon yang akan ditebang sehingga arah jatuhnya bisa seseuai dengan yang diharapkan.

Pada saat itu bapak saya bertugas untuk menebang batang pohon. Saya dan tetangga mulai mempersiapkan diri untuk menarik tali tambang yang sudah terkait kencang pada batang pohon. Selama bapak saya mulai menebang, saya dan tetangga mulai menarik batang pohon ke arah yang telah ditentukan agar batang pohon tidak jatuh menimpa rumah.

Tidak membutuhkan waktu yang lama pohon petai tersebut berhasil ditebang. Setelah itu kami mulai membersihkan cabang pohon yang berserakan. Cabang pohon kami manfaatkan sebagai kayu bakar dengan dijemur terlebih dahulu hingga kering. Sedangkan bagian daun kami manfaatkan sebagai pakan kambing.

Itulah sedikit pengalaman saya tentang cara menebang pohon yang benar dan aman. Ingat, keselamatan adalah yang paling utama. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.